Sunday, October 6, 2013

Microsoft Tak Ingin OS Windows Phone Ditinggalkan


Oooalah - Salah satu penyebab Windows phone tidak sepopuler android phone adalah jumlah produsen yang membuat handset windows tidak sebanyak android.

Yang jadi salah satu penyebabnya adalah lisensi yang harus dibayarkan vendor kepada microsoft sebagai pemilik dan pengembang sistem operasi windows phone.

Vendor-vendor besar yang dulu sempat memiliki jajaran ponsel windows, sepertinya telah mengurangi jumlah produk windows phone mereka.

HTC, dan Samsung kini cenderung fokus untuk mengembangkan android. Belakangan setelah Nokia yang jadi salah satu vendor pembesut ponsel windows diakuisisi oleh microsoft, sepertinya semakin membuat vendor lain berfikir untuk terus memproduksi windows phone.

Untuk terus meningkatkan popularitasnya diranah smartphone, microsoft yang kini telah memberli nokia tidak mau kehilangan dukungan dari vendor-vendor tersebut.

Ada kabar yang menyatakan bahwa microsoft tengah merayu HTC yang saat ini fokus pada pengembangan handset berbasis android untuk mau memproduksi Windows Phone.

Dari situs Bloomberg, dikutip bahwa sebagai konpensasi ketersediaan HTC, Microsoft rela untuk membebaskan vendor asal Taiwan itu dari fee penggunaan lisensi Windows Phone.

Dan microsoft juga meminta HTC untuk menempatkan Windows Phone sebagai pilihan kedua setelah android.

Kalau HTC menyetujui  permintaan microsoft maka ada kemungkinan HTC One yang selama ini memakai Android akan tersedia varian lain yang menggunakan Windows Phone.