Monday, June 23, 2014

Nexus Terakhir, Volantis?

Tablet Google Nexus terbaru tengah dinantikan. Sejumlah spesifikasi yang dibocorkan mengenai Nexus 9 memang cukup membuat penasaran. Di sisi lain, kelanjutan seri gadget Nexus Google dipertanyakan.

Sejumlah sumber menyebutkan, Google akan menghentikan lini gadget Nexus setelah ini. Sebagai gantinya, Google akan fokus ke 'pure Android' dengan sebuah program yang disebutnya Android Silver.

Dilansir The Verge, Senin (23/6/2014), Android Silver akan menjadi lini gadget high end Google yang dibuat oleh beberapa manufaktur, dan menawarkan pengalaman Android sebenarnya.

Terdengar mirip seperti ponsel 'Android Play Editions' seperti HTC One, namun Google melangkah lebih jauh lagi. LG dan Motorola kabarnya sudah diminta untuk membuatkan perangkat Android Silver pertama mereka.

Namun masih perlu waktu cukup lama bagi Google sebelum benar-benar mengakhiri lini gadget Nexus. Tablet Nexus 9 sendiri diperkirakan baru akan dijual pada kuartal keempat 2014.

Tablet yang memiliki nama kode Volantis ini kabarnya siap dipamerkan di Google I/O Conference pekan ini. Tablet ini akan memiliki layar 8,9 inch 2.048 x 1.440 dengan 281 pixel per inch.

Otaknya dibekali prosesor Nvidia Tegra K1 64 bit, didukung oleh RAM 2 GB dan internal storage 16 GB atau 32 GB. Menggunakan material alumunium, tablet ini punya bobot sedikit lebih berat dari Nexus 7 yakni 418 gram dengan ketebalan 0,31 inch.