Saturday, November 16, 2013

Jolla, Smartphone Berbasis OS Sailfish Segera Hadir

Oooalah - Ada kabar terbaru dari sekelompok eks karyawan Nokia yang mendirikan perusahaan baru dan  merilis Smartphone Jolla.

Smartphone Jolla, dikembangkan oleh eks karyawan Nokia yang dulunya  para profesional di Nokia yang mengawal divisi OS MeeGo yang dipakai di ponsel N9 Nokia.

Tetapi akhirnya nasib MeeGo semakin tidak jelas, bahkan kerjasamanya dengan intel saat pengembangan OS MeeGo tidak memberi hasil yang indah karena pada akhirnya Nokia sendiri lebih memilih bekerjasama dengan Microsoft dan  memilih untuk menggunakan OS Windows Phone daripada melanjutkan untuk mengembangkan dan menggunakan MeeGo pada produk-produknya.

Smartphone yang menggunakan OS Sailfish yang mereka kembangkan sendiri tinggal menunggu waktu untuk bisa digunakan secara umum.

Kabarnya, Jolla yang mengembangkan OS tersebut akan merilis smartphone mereka di Findlandia pada 27 November mendatang.

Dikutip dari GSM Arena, Jumat (15/11/2013), Jolla akan menjual ponselnya dengan harga 399 euro atau sekitar Rp 6,2 jutaan. Ponsel ini akan hadir dengan 9 warna yang berbeda.

Jolla mengklaim OS Sailfish punya banyak tambahan fitur. Dengan aplikasi ini konon, aplikasi Android tak perlu lagi dimodifikasi untuk bisa berjalan di platform Sailfish.

Menurut Jolla, pengguna ponsel berbasis Sailfish bisa bebas mendownload aplikasi Android dari berbagai sumber, seperti Google Play Store, Amazon Appstore atau toko aplikasi Android lain.

Smartphone Jolla akan berjalan dengan prosesor dual-core 1.4 Ghz, layar sentuh 4,5 inch qHD,  mendukung jaringan 4G LTE, kamera 8 megapixel dan memori internal 16GB.