Thursday, October 10, 2013

Mengatasi Kinerja Handset Yang Menurun


Oooalah - Pada suatu ketika kita bisa merasakan handset kita mengalami penurunan performa, menurunnya respon dari keyboard saat kita mengetik maupun lambannya saat membuka suatu aplikasi.

Meskipun smartphone memiliki spesifikasi yang tinggi, pada suatu saat akan bisa saja mengalami hal tersebut yang biasanya diakibatkan oleh sedikitnya resource yang tersisa.

Untuk mengatasi hal itu, berikut ini tips yang bisa digunakan untuk membantu memulihkan kembali performanya :

1. Hapus Cache Pada Memori Internal
Yang paling sering membuat smartphone melambat adalah terlalu banyaknya "Cache" yang terismpan di memori sistem Hp.

Hal ini biasanya kurang disadari oleh para pengguna smartphone maupun tablet bahwa tanpa sepengetahuan pemakai, setiap kali menjalankan aplikasi maka smartphone atau tablet akan menyimpan "Cache" yang terus bertambah besar hingga memberatkan kerja smartphone.

Untuk mengatasinya kita bisa menghapus cache dari setiap aplikasi yang terinstall atau dengan menggunakan aplikasi History Eraser untuk menghapus cache-cache yang tersimpan di smartphone.

2. Multitasking
Smartphone sekarang memiliki kemampuannya untuk menjalankan lebih dari satu aplikasi dalam waktu bersamaan alias "Multi Tasking."

Yang harus kita pahami adalah ketika kita menjalankan banyak aplikasi sekaligus, maka kinerja smartphone akan melambat karena membutuhkan jumlah memori dan power yang lebih besar termasuk dalam menuliskan cache pada memory sistem.

Perlambatan tersebut bisa bervariasi tergantung spesifikasi handset yang kita gunakan.

3. Instal Aplikasi dan data di Memori External
Salah satu faktor yang membuat handset kita melambat adalah penggunaan memory internal yang terlalu banyak.

Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya kita menginstall aplikasi atau menyimpan data di memory eksternal.