Wednesday, October 2, 2013

Android Segera Memiliki Handset 64 Bit Menyusul iPhone 5S

Oooalah - iPhone 5S merupakan smartphone pertama yang mengusung prosessor 64 bit.

Prosessor 64 bit ini adalah jenis prosessor yang memiliki kemampuan dalam menangani memory lebih dari 4 GB, seperti halnya yang berlaku pada dunia komputer.

Ketika iPhone 5S mengusungnya sebagai yang pertama, kira-kira seperti apa sih kemampuan komputasi 64 bit pada RAM yang tidak mencapai 4Gb?

Yang pasti dengan mengusung iOS 7 pada iPhone 5S, apple telah memulai langkah baru dalam dunia komputasi smartphone, karena iOS 7 tersebut telah mendukung komputasi 64 bit. Tapi, iOS 7 hanya berjalan di iPhone 5S tidak untuk versi dibawahnya yang berjalan di platform 32 bit.

Apapun hasilnya, penggunaan prosessor 64 bit tentunya akan menjadi titik awal dalam hal implementasi software yang berjalan di sistem operasi.



Apakah hanya iPhone yang mendukung 64 bit?

Kabarnya tidak hanya iPhone yang mendukung komputasi 64 bit, karena Android yang berbasis kernel linux juga telah mendukung penggunaan komputasi 64 bit.

Masalahnya, tinggal menunggu hardware Android yang mendukungnya tersedia. Mungkin Samsung akan segera merilis prosessor 64 bit yang konon telah masuk tahap final.

Apakah Samsung Galaxy S5 nantinya yang akan menjadi perangkat android pertama dengan komputasi 64 bit untuk mengejar iPhone 5S?

Let's we see, kita lihat saja perkembangannya.